Cara Mudah Uji Fisher Excat Probability Menggunakan SPSS

Uji Fisher Excat Probability adalah bagian dari uji statistik non parametrik yang biasanya digunakan untuk menguji dua buah sampel independen dengan skala nominal. Sampel yang dipakai oleh kedua variabel independen pada uji ini jumlahnya cenderung sangat kecil, biasanya kurang dari 20 sampel. Pada Uji Fisher Excat Probability, data dibentuk ke dalam dua kelompok saling bebas dan membentuk tabel kontingensi 2 x 2. Berbeda dengan uji Chi-Square, Uji Fisher Excat Probability mensyaratkan minimal terdapat satu cell pada tabel kontingensi bernilai harapan (E) kurang dari 5.

Contoh Kasus:
Sebuah studi kasus ingin mengetahui pengaruh jenis kelamin siswa terhadap ketertarikan pada pelajaran eksak dan non eksakta. Diambil 15 siswa sampel secara acak, dengan data disajikan pada tabel berikut ini.

Pelajaran Jenis Kelamin Jumlah
Laki-Laki Perempuan
Eksakta 1 8 9
Non Eksakta 7 4 11
Jumlah 8 12 20

Hipotesis:
Ho : Tidak terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap ketertarikan pelajaran eksak dan non eksakta.
Ha : Terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap ketertarikan pelajaran eksak dan non eksakta.

Penyelesaian Kasus:
Langkah-langkah melakukan pengujian hipotesa melalui Uji Fisher Excat Probability menggunakan SPSS adalah sebagai berikut.
1. Jalankan aplikasi SPSS.

2. Pada sheet “Variable View”, isi dengan variabel yang akan kita diuji yakni variabel “Jenis Kelamin” dan “Pelajaran”.

3. Pada “Value”  variabel “Jenis Kelamin” isi dengan kode Value 1 = Laki-Laki dan Value 2 = Perempuan, sedangkan variabel “Pelajaran” isi dengan kode Value 1 = Eksakta dan Value 2 = Non Eksakta.

4. Selanjutnya pada sheet “Data View”, input data yang akan kita uji.

5. Pada Menu Bar SPSS, klik menu Analyze, Descriptive Statics, dan Cosstabs. Pada kotak dialog Crosstabs, pindahkan variabel Jenis Kelamin ke kolom Row(s) dan Pelajaran ke kolom Column(s), kemudian klik Statistics.

6. Pada kotak dialog Crosstabs Statistics, ceklist Chi-Square. Kemudian klik Continue, dan terakhir klik OK.

7. Interpretasi hasil Uji Fisher Excat Probability adalah sebagai berikut.

Dari hasil perhitungan di atas diketahui bahwa nilai Signifikansi (SIG) Fisher Excat Probability adalah sebesar 0,028. Karena nilai SIG = 0,028 < 0,05, maka Ho ditolak dan dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh jenis kelamin terhadap ketertarikan pada pelajaran eksak dan non eksakta.

Was this article helpful?

Related Articles

Leave A Comment?